Sulistyowati

Sebagai guru MTsN 1 Banyuwangi, menyelesaikan pendidikan S-1 di IKIP PGRI Banyuwangi dan menyelesaikan pendidikan S-2 di Universitas Negeri Gorontalo Beberapa ...

Selengkapnya
Navigasi Web

PTK dengan Model pembelajaran Make A Match (Part 7)

Tantangan Gurusiana Hari ke 59

#TantanganGurusiana

PTK dengan Model Pembelajaran Make A Match (Part 7)

Langkah-Langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match

Setiap model pembelajaran memiliki langkah-langkah dalam pelaksanaannya, agar mudah diterapkan dalam pembelajaran. Langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match menurut Huda (2014: 251) antara lain:

1) Guru menyampaikan materi atau meminta siswa untuk mempelajari materi

dirumah.

2) Siswa dibagi kedalam dua kelompok, misalnya kelompok A dan kelompok B.

3) Guru membagikan kartu pertanyaan kepada kolompok A dan kartu jawaban

kepada kelompok B.

4) Guru meminta siswa untuk mencari/mencocokkan kartu pertanyaan yang

dipegang dengan kartu jawaban selama batasan waktu yang ditentukan.

5) Guru meminta semua kelompok A untuk mencari pasangannya di kelompok B,

jika waktu sudah habis siswa yang belum menemukan pasangan diminta untuk

berkumpul.

6) Guru memanggil satu pasangan untuk presentasi. Pasangan lain dan siswa yang

tidak mendapatkan pasangan memperhatikan dan memberikan tanggapan

apakah pasangan itu cocok atau tidak.

7) Guru memberikan konfirmasi tentang kebenaran dan kecocokan pertanyaan

dan jawaban dari pasangan yang memberikan presentasi.

8) Guru memanggil pasangan berikutnya, begitu seterusnya sampai seluruh

pasangan melakukan presentasi.

Adapun pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match meliputi beberapa tahap. Tahapan-tahapan yang harus ada dan dilaksanakan yaitu:

Tahap 1: Buatlah potongan – potongan kartu sejumlah siswa yang ada di dalam kelas.

Tahap 2: Bagi jumlah kartu - kartu tersebut menjadi dua bagian yang sama

Tahap 3: Tulis pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang telah diberikan sebelumnya pada setengah bagian kartu yang telah disiapkan.

Setiap kertas berisi satu pertanyaan.

Tahap 4: Pada separo kartu yang lain, tulis jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang tadi dibuat.

Tahap 5: Kocoklah semua kartu sehingga akan tercampur antara soal dan jawaban

Tahap 6: Beri setiap siswa satu kartu. Jelaskan bahwa ini adalah aktivitas yang dilakukan berpasangan. Sebagian siswa akan mendapatkan soal dan sebagian lagi akan mendapatkan jawaban.

Tahap 7: Minta siswa untuk menemukan pasangan mereka. Jika ada yang sudah menemukan pasangan, minta mereka untuk duduk berdekatan. Terangkan juga kepada mereka agar tidak memberi tahu materi yang mereka dapatkan kepada teman yang lain.

Tahap 8: Setelah semua siswa menemukan pasangan mereka, jika ada yang sudah menemukan pasangan, minta mereka untuk duduk berdekatan, minta setiap pasangan secara bergantian untuk membacakan soal-soal yang diperoleh dengan keras kepada teman yang lain. Selanjutnya soal tersebut dijawab oleh pasangan–pasangan yang lain.

Tahap 9: Akhiri proses ini dengan membuat klarifikasi dan kesimpulan.

Indikator pencapaian model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dalam penelitian ini adalah (1) menciptakan suasana belajar yang menyenangkan; (2) meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari; (3) meningkatkan motivasi belajar siswa; (4) terwujudnya kerjasama antar sesama siswa; (5). melatih keberanian siswa untuk tampil presentasi; (6) menumbuhkan sikap kedisiplinan siswa dalam menghargai waktu belajar.

Banyuwangi, 29 Maret 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih bunda,bisa diterapkan untuk pembelajaran..

29 Mar
Balas

Kereen bun, lengkap tinggal diaplikasikan aja ya. Trimakasih ilmunya ya bun, barakallah

08 Apr
Balas

Menginspiratif Bu. Terima kasih ilmunya

29 Mar
Balas

Sebenarnya actionnya 3 minggu terakhir ini tp keburu libur

29 Mar



search

New Post