Sulistyowati

Sebagai guru MTsN 1 Banyuwangi, menyelesaikan pendidikan S-1 di IKIP PGRI Banyuwangi dan menyelesaikan pendidikan S-2 di Universitas Negeri Gorontalo Beberapa ...

Selengkapnya
Navigasi Web

PTK dengan Model Pembelajaran Make a Match (part 4)

Tantangan Gurusiana hari ke 54

#TantanganGuruSiana

PTK dengan Model Pembelajaran Make a Match (part 4)

C. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match

1. Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match

Aqib (2011: 23) mengatakan bahwam model pembelajaran kooperatif tipe make a match (mencari pasangan) pada mulanya dikembangkan oleh Lorna Curran, pada tahun 1994. Make a Match merupakan model pembelajaran yang mengajak siswa mencari jawaban terhadap suatu pertanyaan atau pasangan. Sedangkan menurut Suprijono (2015: 94) mengatakan bahwa ada hal-hal yang harus dipersiapkan pada pembelajaran Make a Match adalah kartu-kartu. Kartu-kartu tersebut berisi pertanyaan-pertanyaan dan kartu-kartu lainnya berisi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match merupakan model pembelajaran dengan cara mencari pasangan. Salah satu keunggulan teknik ini adalah siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan. Hal ini sejalan dengan pendapat Isjoni (2007: 77) menyatakan bahwa Make a Match merupakan model pembelajaran mencari pasangan sambil belajar konsep dalam suasana yang menyenangkan.

Sedangkan menurut Komalasari (2010: 85) model Make a Match merupakan model pembelajaran yang mengajak siswa mencari jawaban terhadap suatu pertanyaan atau pasangan dari suatu konsep melalui suatu permainan kartu pasangan dalam batas waktu yang ditentukan. Sedangkan menurut Huda (2014: 135) bahwa Make A Match adalah salah satu pendekatan konseptual yang mengajarkan siswa memahami konsep-konsep secara aktif, kreatif, efektif, interaktif, dan menyenangkan bagi siswa sehingga konsep mudah dipahami dan bertahan lama dalam struktur kognitif siswa.

Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa model Make a Match merupakan model pembelajaran yang mengajak siswa mencari jawaban terhadap suatu pertanyaan atau pasangan dari suatu konsep secara aktif, kreatif, efektif, interaktif, dan menyenangkan melalui suatu permainan kartu pasangan dalam batas waktu yang ditentukan sehingga konsep mudah dipahami dan bertahan lama dalam struktur kognitif siswa.

Banyuwangi 24 Maret 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

search