Sulistyowati

Sebagai guru MTsN 1 Banyuwangi, menyelesaikan pendidikan S-1 di IKIP PGRI Banyuwangi dan menyelesaikan pendidikan S-2 di Universitas Negeri Gorontalo Beberapa ...

Selengkapnya
Navigasi Web

PTK dengan Model Pembelajaran Make A match (Part 5)

Tantangan Gurusiana hari ke 57

#TantanganGurusiana

PTK dengan Model Pembelajaran Make A match (Part 5)

Langkah-Langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match

Setiap model pembelajaran kooperatif selalu memiliki langkah-langkah dalam setiap penerapannya, begitupun juga dengan model kooperatif tipe Make a Match juga memiliki langkah-langkah dalam proses penerapannya. Zaini (2008: 67-68) menyatakan bahwa langkah–langkah model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match sebagai berikut.

a. Buatlah potongan–potongan kartu sejumlah siswa yang ada didalam kelas

b. Bagi jumlah kartu-kartu tersebut menjadi dua bagian yang sama

c. Tulis pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang telah diberikan sebelumnya pada setengah bagian kartu yang telah disiapkan. Setiap kertas berisi satu pertanyaan.

d. Pada setengah kartu yang lain, tulis jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang tadi dibuat.

e. Kocoklah semua kartu sehingga akan tercampur antara soal dan jawaban

f. Beri setiap siswa satu kartu. Jelaskan bahwa ini adalah aktivitas yang dilakukan berpasangan. Sebagian siswa akan mendapatkan soal dan sebagian lagi akan mendapatkan jawaban.

g. Minta siswa untuk menemukan pasangan mereka. Jika ada yang sudah menemukan pasangan, minta mereka untuk duduk berdekatan. Terangkan juga kepada mereka agar tidak memberi tahu materi yang mereka dapatkan kepada teman yang lain.

h. Setelah semua siswa menemukan pasangan mereka, jika ada yang sudah menemukan pasangan, minta mereka untuk duduk berdekatan, minta setiap pasangan secara bergantian untuk membacakan soal-soal yang diperoleh dengan keras kepada teman yang lain. Selanjutnya soal tersebut dijawab oleh pasangan – pasangan yang lain.

i. Akhiri proses ini dengan membuat klarifikasi dan kesimpulan.

Model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match ini dapat membantu siswa dalam meningkatkan aktivitas belajar, terlebih lagi aktivitas pembelajaran ini dilakukan sambil bermain. Siswa dapat mempelajari suatu konsep atau topik tertentu dalam suasana yang menyenangkan. Model Make a Match ini bisa diterapkan untuk semua mata pelajaran dan semua tingkatan kelas.

Dengan memperrhatikan langkah-langkah pemebelajaran model pemebelajaran kooperatif type Make a Match hal tersebut sesuai dengan jargon dari Kementerian Pendidikan, yaitu Merdeka Belajar. Tujuan Merdeka Belajar ialah agar para guru, siswa, serta orangtua bisa mendapat suasana yang bahagia, yang menyenangkan, siswa tidak dibuat stres, namun siswa diharapkan dapat memahami suatu konsep pelajaran dengan cara-cara menyenangkan dan dalam suanana yang bahagia. Dengan membuat anak-anak bahagia dalam proses pemebelajaran diharapkan aktivitas belajarnya meningkat, bila aktivitas belajar meningkat maka diharapkan pula hasil belajarnya juga meningkat.

Banyuwangi, 27 Maret 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Siip... Pasti menyenangkan.. Keren nu sulis...

27 Mar
Balas



search

New Post