Sulistyowati

Sebagai guru MTsN 1 Banyuwangi, menyelesaikan pendidikan S-1 di IKIP PGRI Banyuwangi dan menyelesaikan pendidikan S-2 di Universitas Negeri Gorontalo Beberapa ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Langkahlangkah pembelajaran NHT

Langkahlangkah pembelajaran NHT

Tantangan hari ke-4 #TantanganGurusiana

A. Langkah-langkah pembelajaran NHT

Adapun Langkah-Langkah Pelaksanaan NHT sebagai berikut:

(1) Siswa dibagi dalam kelompok. Setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.

(2) Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya.

(3) Kelompok memutuskan jawaban yang di anggap paling benar dan memastikan setiap anggota kelompok mengetahui jawaban ini.

(4) Guru memanggil salah satu nomor. Siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerja sama mereka.

(5) Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.

(6) Kesimpulan.

Trianto (2007: 62) menyebutkan bahwa dalam mengajukan pertanyaan kepada seluruh kelas, guru menggunakan struktur empat fase sebagai sintaks NHT:

(1) Fase 1 : Penomoran

Dalam fase ini guru membagi siswa ke dalam kelompok 3-5 orang dan

kepada setiap anggota kelompok diberi nomor antara 1-5

(2) Fase 2 : Mengajukan pertanyaan

Guru mengajukan pertanyaan sebuah kepada siswa. Pertanyaan dapat bervariasi. Pertanyaan dapat amat spesifik dan dalam bentuk kalimat Tanya. Misalnya, “Berapakah jumlah rususk suatu bangun kubus ? Atau berbentuk arahan misalnya “Pastikan setiap orang mengetahui macam-macam bangun ruang sisi datar.”

(3) Fase 3 : Berfikir bersama

Siswa menyatukan pendapatnya terhadap jawaban pertanyaan itu dan meyakinkan tiap anggota dalam timnya mengetahui jawaban tim.

(4) Fase 4 : Menjawab

Guru memanggil suatu nomor tertentu, kemudian siswa yang nomornya

sesuai mengacungkan tangannya dan mencoba menjawab pertanyaan untuk seluruh kelas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post